Minggu, 18 November 2012

PARKIT SI BURUNG CERDAS

      

         Si Parkit yang pada dasarnya merupakan keluarga burung berparuh bengkok seperti halnya burung kakatua,kenari serta nuri. Burung jenis ini tergolong burung cerdas dan bisa dilatih. Rasio masa otak dan tubuh mereka sebanding dengan rasio pada primata. Bedanya ukuran pada bagian utama otak yang berkaitan dengan kecerdasan pada burung-burung itu relatif kecil.
          Parkit dapat dilatih pada saat berumur 4 bulan ke atas.Bila terlalu kecil gerakanyan masih terbatas karena bulu ekor belum tumbuh sempurna.Apabila terlalu tuapun butuh waktu lama untuk melatihnya.
        Apabila sudah terlatih maka cukup dengan perintah suara atau gerakan tangan maka si parkit sudah mengerti.Gerakan seperti menaiki dan menuruni tangga,memanjat tali,melompat serta melompat sudah bisa dilakukan dengan lincah.
         Burung parkit yang sudah berumur antara 4 - 7 bulan lebih mudah untuk dilatih. Pada usia tsb. burung parkit bisa dijinakkan dalam tempo 10 hari. Bila parkit sudah tua akan memakan waktu lebih lama untuk dijinakkan.
          Parkit dilatih secara bertahap dan bergiliran. Tiap sesi latihan parkit hanya dilatih selama 10 - 15 menit dengan total waktu latihan 1 - 2 jam sehari. Baiknya dilatih pagi hari atau sore hari.
Berbagai macam trik latihan bisa diajarkan.Dari trik-trik yang mudah,trik yang sedang sampai trik yang sulit. Sebaiknya trik-trik itu bisa diajarkan secara bertahap dimulai dari yang mudah.
         Trik yang mudah seperti memanggil parkit terbang ke pemberi perintah,naik turun tangga dan memasuki terowongan.Untuk trik yang sedang seperti mencium,berputar,meloncat atau memanjat.Sedangkan trik yang sulit seperti terbang zig zag dan terbang berputar.
         Jadi para hobbis yang tertarik dan ingin mencoba parkit sebagai hewan kesayangan baru bisa dicoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar