Rabu, 14 November 2012

CUPANG GIANT
       Cupang giant kini banyak diminati para hobiis di Indonesia.Bahkan sejak tahun 2007 cupang ini sudah mulai dilombakan di Indonesia.Cupang ini mulai muncul di tahun 2001 di situs Aquabid yang dijual US$ 1.000,./ekornya.
       Cupang ini awalnya muncul secara tidak sengaja. Peternak yang memunculkan pertama kali berasal dari peternak ikan cupang di Thailand.Awalnya Ataphon dan ayahnya menemukan plakat berukuran raksasa sepanjang 7.5cm di salah satu kolam pembesaran.Dan beberapa saat kemudian ditemukan betina yang juga berukuran besar sehingga cupang ini pun dipijahkan.
        Jika cupang giant disilangkan dengan jenis cupang giant maka anak yang dilahirkan tidak 100% giant tetapi hanya 30% anaknya berhasil menjadi cupang giant.Oleh karena itu untuk mendapatkan cupang raksasa ini perlu strategi khusus.Seleksi fisik indukan ditambah kombinasi makanan yang mengandung hormon pemacu tumbuh kudu diberikan. Tanpa hormon meski indukan berukuran 12cm pun anak yang dihasilkan tetap lebih kecil sekitar 7cm.
        Untuk membesarkan cupang giant dibutuhkan waktu maksimal 9 bulan.Saat umur 2 bulan anakan cupang giant sudah memiliki panjang tubuh 6 hingga 7 cm.
        Cupang dikategorikan raksasa/giant bila panjang tubuhnya mencapai diatas 6,25cm.Dikontes ikan berukuran ini masuk kategori giant junior.Sementara ikan dengan panjang lebih dari 7,5cm masuk dalam kategori cupang giant senior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar